Pernahkah Anda bertanya-tanya apakah apa yang Anda ketahui tentang berita terbaru akurat? Perhatikan paragraf berikut dan bandingkan apa yang Anda ketahui untuk info terbaru pada berita terbaru.
KOMPAS.com " Mobilitas kota besar yang makin memusingkan, seperti macet, polusi, dan susah parkir, memaksa para insinyur dan desainer menawarkan konsep mobil yang makin kecil (praktis dan lincah) serta ramah lingkungan. Kalau perlu, konsep itu menggabungkan unsur mobil kota dan sepeda motor. Itulah yang dilakukan Peugeot dengan memperlihatkan konsep mobil kota terbarunya bernama BB1 kepada publik di Frankfurt Motor Show, yang berakhir Minggu lalu. Penampilan BB1 aneh, terutama bagian depannya. Namun, itulah konsep yang ditawarkan agar mobil ini bisa dibuat dengan dimensi panjang 2,5 m, lebar 1,6 meter, dan tinggi 1,5 m; serta mampu memuat 4 penumpang dewasa. Dengan dimensi tersebut, BB1 adalah mobil yang gesit. Peugeot mengklaim, diameter putar mobil ini hanya 3,5 meter. Gampang diparkir dan tidak memerlukan ruang yang banyak. Keunikan lain mobil ini, kedua pintu samping membuka terbalik. Engselnya di belakang. Interior fleksibel. Kendati postur mobil ini kecil atau imut-imut, interiornya fleksibel untuk memuat orang dan barang. Ruang barang hanya bervolume 160 liter saat BB1 diisi 4 orang. Namun, ruang bagasi menjadi 855 liter bila BB1 hanya diisi pengemudi. Dijelaskan pula, konsep posisi mengemudi BB1 diilhami oleh sepeda motor. Posisinya tegak. Dengan cara ini, pedal-pedal tidak memerlukan ruang atau lantai seperti mobil konvensional. Apakah semuanya masuk akal sejauh ini? Jika tidak, aku yakin bahwa hanya dengan sedikit lebih membaca, semua fakta akan jatuh ke tempatnya.
Bahkan, penumpang diposisikan secara tandem di belakang pengemudi. Begitu juga sisi lainnya, yaitu penumpang depan dan belakang. Teknologi yang digunakan untuk seluruh lampu depan adalah LED. Ada juga kamera untuk melihat situasi dan kondisi belakang. Yang tak kalah menarik adalah aplikasi serangkaian teknologi interaktif, yaitu layar monitor berwarna dengan sistem audio mobil yang ideal untuk fungsi smartphone, telepon, navigasi, akses internet, radio, dan MP3. Pengoperasiannya hanya dengan pencolokan USB ke unit audio atau menggunakan soket 12 volt bila perlu. Juga ada sebuah jam yang membuat suasana di interior menjadi hidup. Warna interior berubah setiap periode, dan waktu berjalan sesuai dengan irama cahaya. Fitur ini dibuat untuk menghilangkan rasa bosan dan memberikan gairah kehidupan. Ada pula animasi grafis untuk spidometer. Beragam bodi. Sumber penggerak mobil ini adalah motor listrik yang dipasang langsung pada kedua roda belakang. Ini merupakan hasil rekayasa Peugeot bersama Michelin. Dengan teknologi tersebut, ruang interior bisa dimaksimalkan. Sumber tenaga ini diilhami oleh quad bike (ATV). Tenaga maksimum yang dihasilkan mencapai 15 kW (20 HP) atau 7,5 kW untuk setiap motor penggerak. Hasilnya, untuk sprint dari 0"30 kpj, BB1 memperolehnya dalam 2,8 detik. Adapun untuk akselerasi 30-60 km/jam, BB1 hanya butuh 4 detik. Baterai lithium-ion bisa digunakan untuk menempuh 120 km sekali isi penuh. Baterai terdiri dari dua unit kemasan yang ditempatkan di bawah jok belakang kanan dan kiri. Dengan cara ini, bobot terpusat di tengah dan membantu stabilitas BB1 saat direm. Sasis yang digunakan adalah model pipa (tubular) yang merupakan hasil rancangan Peugeot Motorcycle. Kemudian, penggunaan power steering elektrik, suspensi double wishsbone, dan rangkaian per peredam gesekan membuat kendaraan mantap di jalan dan sesuai dengan performanya. Bodi dibuat dari struktur karbon yang sangat ringan yang mampu melindungi seluruh ruang penumpang. Hebatnya lagi, bentuk bodi bisa diubah sesuai selera pemiliknya sehingga memungkinkan bentuk-bentuk yang beragam. Spesifikasi Peugeot BB1
ZBJ
Bahkan, penumpang diposisikan secara tandem di belakang pengemudi. Begitu juga sisi lainnya, yaitu penumpang depan dan belakang. Teknologi yang digunakan untuk seluruh lampu depan adalah LED. Ada juga kamera untuk melihat situasi dan kondisi belakang. Yang tak kalah menarik adalah aplikasi serangkaian teknologi interaktif, yaitu layar monitor berwarna dengan sistem audio mobil yang ideal untuk fungsi smartphone, telepon, navigasi, akses internet, radio, dan MP3. Pengoperasiannya hanya dengan pencolokan USB ke unit audio atau menggunakan soket 12 volt bila perlu. Juga ada sebuah jam yang membuat suasana di interior menjadi hidup. Warna interior berubah setiap periode, dan waktu berjalan sesuai dengan irama cahaya. Fitur ini dibuat untuk menghilangkan rasa bosan dan memberikan gairah kehidupan. Ada pula animasi grafis untuk spidometer. Beragam bodi. Sumber penggerak mobil ini adalah motor listrik yang dipasang langsung pada kedua roda belakang. Ini merupakan hasil rekayasa Peugeot bersama Michelin. Dengan teknologi tersebut, ruang interior bisa dimaksimalkan. Sumber tenaga ini diilhami oleh quad bike (ATV). Tenaga maksimum yang dihasilkan mencapai 15 kW (20 HP) atau 7,5 kW untuk setiap motor penggerak. Hasilnya, untuk sprint dari 0"30 kpj, BB1 memperolehnya dalam 2,8 detik. Adapun untuk akselerasi 30-60 km/jam, BB1 hanya butuh 4 detik. Baterai lithium-ion bisa digunakan untuk menempuh 120 km sekali isi penuh. Baterai terdiri dari dua unit kemasan yang ditempatkan di bawah jok belakang kanan dan kiri. Dengan cara ini, bobot terpusat di tengah dan membantu stabilitas BB1 saat direm. Sasis yang digunakan adalah model pipa (tubular) yang merupakan hasil rancangan Peugeot Motorcycle. Kemudian, penggunaan power steering elektrik, suspensi double wishsbone, dan rangkaian per peredam gesekan membuat kendaraan mantap di jalan dan sesuai dengan performanya. Bodi dibuat dari struktur karbon yang sangat ringan yang mampu melindungi seluruh ruang penumpang. Hebatnya lagi, bentuk bodi bisa diubah sesuai selera pemiliknya sehingga memungkinkan bentuk-bentuk yang beragam. Spesifikasi Peugeot BB1
ZBJ
0 Comments:
Post a Comment